Tuesday, February 22, 2005

Review: World Police Team America




America, f**k yeah!

Kita yang dulu pernah menonton serial TV Thunderbirds pasti langsung mengenali para pemain dalam film ini. Ya, boneka marionette! Boneka kayu yang pergerakannya dikendalikan oleh tangan manusia dengan memakai tali tipis. Trey Parker dan kawan-kawan tentunya masih waras dalam membuat film super lucu dan penuh kata-kata kasar ini, seperti dalam serial animasi South Park yang juga ditangani oleh mereka.

Film ini berkisah tentang suatu tim pemberantas teroris yang bernama Team America yang beranggotakan Chris (Matt Stone), Lisa (Kristen Miller), Sarah (Massasa), dan Joe (Trey Parker). Mereka selalu bertindak sangat gegabah dalam menangani teroris, yang justru mengakibatkan kerusakan yang lebih parah daripada yang dapat dilakukan teroris. Tidak heran kalau hal ini membuat masyarakat membenci mereka sama seperti teroris. Pada suatu misi yang berbahaya di Mesir, bos mereka, Spootswoode (Daran Morris), merekrut seorang aktor handal, Gary (Trey Parker), untuk menyusup ke dalam markas musuh guna membantu Team America menemukan sang pimpinan teroris. Seperti biasa, sang gembong dapat ditangkap namun kerusakan yang dibuat oleh Team America sangatlah besar. Hal ini tentu saja mengundang protes keras dari suatu afiliasi para aktor dan aktris terkenal. Perkumpulan ini kemudian hendak mengadakan suatu kongres anti kekerasan menentang teroris dan juga Team America. Kongres ini diadakan di Korea Utara,di markas seorang yang mensponsori kongres tersebut, yaitu Kim Jong Il (Trey Parker), dan dihadiri oleh para pemimpin dunia. Rupanya di balik ini semua ,Kim Jong Il, yang adalah otak teroris sebenarnya, mempunyai rencana untuk menguasai dunia. Hanya Team America-lah yang dapat menghentikan aksi Kim Jong Il ini.

Tidak digunakannya CG ataupun clay animation pada film ini rupanya berhasil meningkatkan kelucuan. Kata-kata kasar, lirik soundtrack yang kasar dan aneh,humor-humor kasar bahkan menjurus ke pornografi dapat disajikan dengan sangat menghibur. Suatu hal yang sulit ditemui pada film-film slapstick pada umumnya. Gerakan boneka-boneka marionnete yang cenderung kaku tidaklah membuat film ini aneh dan berkurang kelucuannya. Justru hal tersebut membuat film ini semakin kocak. Tetapi hal-hal tadi akan sangat tidak nyaman bagi penonton yang tidak menyukai kata-kata kasar.

Dalam film ini terdapat banyak sekali terdapat sindiran yang dapat membuat orang yang bersangkutan marah. Seperti afiliasi aktor dan aktris yang terdiri dari oang-orang terkenal seperti Sean Penn, Matt Damon, Liv Tayler, George Clooney, bahkan Michael Moore (Farenheit 9/11)! Team America pun sebenarnya merupakan plesetan dari negara Amerika dan sekutunya yang kerap bertindak sembarangan dalam membasmi teroris sehingga menimbulkan kerusakan yang tak kalah hebatnya. Seperti sang bos, Spootswoode, yang mirip dengan George W. Bush.

Rupanya lagu-lagu dalam film ini digarap dengan serius. Lagu-lagunya dibuat khusus untuk film ini, hanya sedikit yang mengambil lagu penyanyi lain, dan semuanya dilantunkan dengan sangat merdu. Suatu nilai tambah bagi film ini.

Cerita 6/10
Pengisi suara 7/10
Ending 6/10
Funny-o-meter 9/10

1 comment:

Nod-nya Tea said...

F##K YEAH
finally, the review of this absurd movie. you forget to mention the love scene between gary and the bitch huehehehehehehehehehehehehehehe...... sure is hot ain't it?