Wednesday, October 12, 2005

Mangascan

Definition of "Manga": Manga (漫画) is the Japanese word for comics; outside of Japan, it usually refers specifically to Japanese comics.
Definition of "Scan": To digitally encode (text, for example) with an optical scanner.

Dari definisi di atas, kita dapat mengartikan "mangascan" sebagai suatu komik yang disajikan dalam bentuk digital sebagai hasil scanning untuk tujuan preservasi.

Kegiatan membuat mangascan (comicscan di Amerika) ini diawali oleh para maniak komik di Amerika sebagai antisipasi dari kerusakan fisik yang dapat dialami oleh kertas-kertas komik, yang dapat menjadi bau, rapuh, dan robek. Kegiatan ini (di Jepang disebut scanlation) dapat membuat komik-komik dapat kembali dinikmati beberapa puluh tahun yang akan datang tanpa kuatir termakan usia.

Di Indonesia, kita jarang sekali melihat ada orang-orang yang melakukan scanlation. Pemandangan yang sering terlihat adalah kegiatan menjual-belikan mangascan hasil scanlation orang luar negeri, terutama Amerika. Praktik jual-beli ini masih menjadi kontroversi sampai saat ini. Ada yang berpendapat bahwa ini sama saja dengan melakukan pembajakan. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa kegiatan ini dapat menjadi suatu bentuk promosi terhadap komik aslinya. Karena bagi sebagian orang, membaca mangascan tidaklah senikmat membaca komik aslinya dimana kita dapat memegang kertasnya dan membalik halamannya. Namun di sini mangascan merupakan barang bajakan. Karena tidak ada orang Indonesia yang menjadikan mangascan sebagai preview atas komik aslinya. Wong sudah bisa baca komiknya sesuai dengan aslinya (pada beberapa kondisi, bahkan lebih baik), ngapain lagi mahal-mahal beli yang aslinya? Scanlation tidak memuat komik secara sepotong-sepotong, melainkan keseluruhan komik, halaman tiap halaman, kata demi kata yang diedit kembali dengan bahasa inggris yang benar, bahkan sampai volume terakhir komik tersebut.

Hal yang menarik bagi saya bukanlah kontroversi mengenai keberadaan mangascan tersebut, namun sejuta keuntungan dan berkah yang saya dapat dari adanya mangascan.

Saya pecinta komik Jepang (mulai saat ini saya sebut manga saja). Saya sudah mulai mengkoleksi manga sejak kelas 1 SD. Sampai sekarang masih berlanjut. Saat saya masih SD dulu, saya menemukan judul-judul manga yang kualitasnya menurut saya luar biasa seperti Ranma 1/2 (Rumiko Takahashi) dan Akira (Katsuhiro Otomo). Sewaktu saya SMU, saya menemukan judul-judul manga yang kualitasnya juga luar biasa seperti Video Girl Ai (K2R studio, Masakazu Katsura) dan Great Teacher Onizuka (Tohru Fujisawa). Persamaan dari manga-manga tersebut adalah:
1. Tidak diterbitkan oleh penerbit-penerbit bonafit seperti Elex Media Komputindo dan M&C Gramedia karena masalah regulasi sensor yang kebangetan (Kecuali Akira).
2. Manga-manga tersebut merupakan manga-manga best selling di Jepang dan Amerika.
3. Di Indonesia ,kecuali Akira, diterbitkan oleh penerbit-penerbit yang tidak sehat secara finansial seperti Buku Komik Media Group, Rajawali Grafiti, etc. Manga-manga tersebut terputus di tengah jalan karena penerbitnya keburu bangkrut.
4. Inkonsistensi dari penerbit bonafit yang menghentikan di tengah jalan terbitnya suatu judul manga (dalam hal ini, Akira) karena tingkat penjualan yang rendah.

Makanya banyak sekali judul manga yang membuat saya tidak bisa menikmatinya sampai tuntas.

Sampai saya menemukan mangascan...

Untuk setiap volume bukunya (kira-kira 200 halaman), kapasitas yang diperlukan hanyalah sekitar 20 MB paling banyak. Itupun sudah merupakan hasil scanlation dengan resolusi tinggi. Jika suatu judul manga terdiri dari rata-rata 30 volume sampai tamat, kapasitas yang dibutuhkan lebih sedikit dari sekeping CD-R. Dan untuk mendapatkan sekeping CD mangascan tersebut dari para penjual lokal online, hanya dibutuhkan biaya berkisar Rp. 15.000,- sampai Rp 20.000,-. Dari para penjual ini saya mendapatkan kembali manga-manga yang dulu saya anggap luar biasa itu, sampai volume yang terakhir, lengkap kap kap! Saya merasa seperti baru saja melakukan perjalanan dengan mesin waktu dan membeli manga-manga tersebut dengan discount besar-besaran.

Siapa bilang jadi orang Indonesia itu susah karena harga BBM-nya naik terus?

Let me tell you, life is good my friend!"
-From the song "Gaining Through Losing" by Ken Hirai-

-------------------------------
Link ke toko-toko mangascan online

A-Store
CDKomik
DKV96 Station
Komiktime

5 comments:

Anonymous said...

aduh dude, g bener2 ga tau harus ngomong apah. tapi masa sih? koq g baru tau ada mangascan yah? oh iya, g kan ga into banget ama jepun, bwahahhahahah

ikram said...

"Di Indonesia, kita jarang sekali melihat ada orang-orang yang melakukan scanlation."

Scanlation terhadap apa? Terhadap manga atau komik karya bangsa sendiri?

Kalo terhadap manga, mungkin takut rusak Ndre. Kalo terhadap karya bangsa sendiri, aduduh.

Jadi lo mendorong kegiatan pembajakan nih?

Itu baru temen gua.

ikram said...

Pamer foto ah.
Ada spam tuh.

Nod-nya Tea said...

Kemana aja sih lo dre baru tau mangascan? and why bother buying it? dengan frekuensi online lo yang "wah" kenapa ga download aja mangascan yang lo mau. sering2 main irc, banyak mangascan and anime yang bisa lo download.

Anonymous said...

mangascan...kagak ngarti guah..
tapi, whatever that is...
ah bodo... gw gak ngerti...
dre,..nulis lagi donk...
apa aja temanya...