Di dunia musik, progresi chord IV - V - VImin merupakan progresi yang sangat sederhana. Namun progresi tersebut dapat memberikan sentuhan magis pada lagu-lagu Ayumi Hamasaki, siapapun composer lagunya. Kebanyakan klimaks (atau "the hook" seperti yang dikatakan webmasternya tame-no-ongaku.net) dari lagu-lagunya mengandalkan progresi tersebut.
Penjelasan progresi IV - V - VImin:
Progresi IV - V - VImin merupakan formula chord yang dapat diterapkan pada skala natural mayor apa pun.
Jika bermain di skala C, maka formula tersebut menjadi chord-chord F, G, Am.
Jika bermain di skala F, maka formula tersebut menjadi chord-chord Bb, C, Dm.
Jika bermain di skala A, maka formula tersebut menjadi chord-chord D, E, F#m.
Dan sebagainya...
Ok, mari kita simak lagu2nya...
1. Key, pertengahan bait 1:
--IV----------V-------- VImin
Watashi wa kono te ni fude wo tori..
Bagian chorus:
------IV--V--------VImin .....
anata no-----namida no----hi ni wa...
2. Carol, bagian chorus:
IV----V--------- VImin
shiroi----yuki ga machi wo....
3. Heaven, akhir bait 1:
-IV----V----- VImin.......
Ano hi kitto futari wa Ai ni fureta
4. Song for XX, bagian pre-chorus:
IV--------V------ VImin-V--IV--------V------ VImin--V
ibasho ga nakatta------------ mitsukaranakatta
IV------V--- ----VImin---V-------IV--V----- ---VImin
mirai ni wa kitai--------dekiru no ka wakarazu ni
5. Depend on you, bagian chorus:
------IV-----V-- VImin
anata ga moshi tabidatsu
6. End Roll, bagian chorus
--------IV-----V----VImin
kimi wa------doko ni iru no
7.Surreal, bagian chorus:
IV------V--------- VImin .........
hitori bocchi de kanjiru kodoku yori
8. M, bagian chorus:
--------IV-----V---------VImin .....
'MARIA'-----ai subeki hito ga ite
9. You, bagian chorus:
IV------V-------- VImin
haru no kaze tsutsumarete
10. Dearest, bagian pre-chorus:
IV--------------V---- -----VImin .....
sonna toki itsu datte me o tojireba
11. Voyage, bagian intro:
---------IV---V------ VImin ....
...yuku n da---------hora egao ga totemo niau
bagian chorus:
-------------------V V------VImin.....
...tabibito nan darou-------hora egao ga totemo niau
12. Sotsugyou Sashin, bagian bait:
---------IV----V------ VImin ...
Sotsugyou shashin no omokage ga...
13. Walking proud, bagian chorus:
----------IV--V------- VImin
miageta sora kirei deshita
------------IV--V-------- VImin
kimi no koto wo omoimashita
..... --------IV----V--------- VImin
kimi no you ni tsuyoku mae wo muite
14. Puncak dari pemakaian progresi tersebut adalah pada bagian chorus lagu To Be, yang hampir keseluruhan bagian chorusnya hanya memakai progresi tersebut diulang-ulang dengan dirangkai dengan chord V.
IV------V-----VImin----V ------IV---V-----------VImin-- -V
kimi ga iru nara -----donna toki mo waratte'ru yo
IV -----V----VImin-------V------- -IV-----V----------VImin
kimi ga iru nara -------donna toki mo----waratte'ru yo
--V---------IV---V---------- - VImin
naite iru yo------ikite iru yo............
Saya yakin masih banyak lagi lagu2nya Ayumi yang memakai progresi ini. Yang saya analisis di atas adalah lagu2 yang sering saya dengar. Kebanyakan ada di album kompilasi A Best dan A Ballad.
Sekian...
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
8 comments:
guahahahahha
Postingan yang 'Andre' banget...
Memperlihatkan minat yang besar pada musik, utamanya j-musik...
Gue gak ngerti musik, gue cuma pendengar musik, jadi untuk yang ini.....no comment
try to understand music, bro.
It's super fun!!!
gak terlambat kok.
gue aja baru mulai pas masuk kuliah.
serius!!!
gua buta sama sekali soal j-music.
tp progres 4-5-6m banyak juga ah di musik normal. biasanya di pertengahan reff.
ya kan?
ikram
Kram, point gue tentang progresi yg gue maksud itu bukannya tentang progresi itu sendiri
tapi tentang lagu2nya ayumi yang hampir semua pake progresi itu untuk memberikan klimaks (yang kebanyakan di reff). Apa lo pernah temui penyanyi yg seperti itu? Padahal composer lagu2nya itu berbeda-beda. Bukan orang yg sama.
Ecoutez contohnya, mereka juga pake progresi itu, tapi bukan sebagai klimaks. Apalagi menjadi CIRI KHAS lagunya...
Nah kalo ayumi, begitu lo mendengar potongan lagunya yang ada progresi ini, lo pasti bakal bilang "ayumi banget!". Itu kalo lo sering dengerin lagunya loh.
Lihat paragraf nomor satu "Di dunia musik, progresi chord IV - V - VImin merupakan progresi yang sangat sederhana". Kayaknya perlu gue tambahin:.... yang sangat sederhana dan banyak digunakan di musik normal, biasanya di pertengahan reff. Tapi..."
Intinya itu, dengan progresi yang sederhana banget dan umum dijumpai, tapi bisa dijadikan ciri khas musiknya. Gue bukan mau bilang "wah, composernya ayumi hebat banget nih menemukan progresi baru". Bukan itu...
Nah, justru pertanyaan gue (dan harusnya ada yg nanya juga di sini, tapi kok gak ada yg nyadar):
Kok bisa ya walaupun composernya berbeda-beda tapi bisa menggunakan bahan yang sama (progresi 4-5-6m) untuk memberikan ciri khas lagu2nya ayumi? Apa yg Ayumi katakan kepada mereka?
mnurut saya sih, Ayumi disodori beberapa lagu...
trus milih yang dia "suka"...
jadinya yang dia pilih2, yang progresi 4-5-6m itu.
I don't really like Ayumi, you DO, so... yeah, this is so you, dear
Post a Comment